Wednesday, May 22, 2013

BERLOMBA MENJUAL WISATA dan BUDAYA INDONESIA dalam KEMASAN BRANDING yang MENARIK dan BERKUALITAS



Pada tanggal 16 – 19 Mei 2013 di Surabaya diselenggarakan kegiatan MAJAPAHIT TRAVEL FAIR (MTF) untuk kali ke 14, kebetulan perusahaan saya SURABAYA CREATIVE DESIGN banyak terlibat pada kegiatan tersebut, mulai dari menyiapkan New Image Branding kegiatan tersebut hingga mendokumentasikan baik video maupun photo, sehingga dapat dibuatkan Video Profile MAJAPAHIT TRAVEL FAIR untuk kegiatan berjualan event MAJAPAHIT TRAVEL FAIR 2014 serta digunakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur untuk event-event pariwisata di beberapa negara di luar negeri.

Yang menarik dari event MTF tahun ini adalah perubahan Branding yang dilakukan oleh beberapa  propinsi yang mengikuti kegiatan tersebut. Mereka tampak habis-habisan didalam MENJUAL potensi wisata dan budayanya dengan kemasan image yang luar biasa. Nusa Tenggara Barat adalah salah satu propinsi yang membuat saya cukup menoleh dengan Video Profile wisata yang diputar di LCD TV-nya. Image Video yang ditampilkan tidak kalah mahal dengan Image iklan Wonderful Indonesia serta iklan Garuda Indonesia ataupun iklan wisata dari negara-negara asing. Menggambarkan kekayaan alam, budaya, dan kulinernya dengan begitu memesona. Hal tersebut membuat saya tertarik untuk ngobrol dengan pihak Budpar (Budaya dan Pariwisata) NTB yang ada di booth tersebut. Mereka mengatakan bahwa memang menganggarkan anggaran yang cukup besar untuk mendongkrak wisata NTB, terutama Lombok dengan melakukan branding yang mampu mengangkat image wisata NTB dengan baik. Untuk video profile saja mereka menghabiskan anggaran lebih dari Rp. 400.000.000,- agar menghasilkan video profile yang berkelas dan dapat diterima serta di tayangkan di CNN. Belum lagi belanja iklannya baik iklan televisi di beberapa televisi jaringan internasional maupun iklan media cetak majalah-majalah wisata asing maupun nasional. Hal itu tentunya membutuhkan anggaran yang sangat besar agar NTB/Lombok dapat dikenal dan mampu menarik wisatawan asing maupun domestic agar menjadikan NTB/Lombok sebagai salah satu destinasi wisata utama. Terlihat jelas bahwa NTB/Lombok tidak mau kalah dengan tetangganya, Bali didalam menjual potensi wisata, budaya, dan kulinernya.

Demikian pula dengan Flores, dengan mengusung EXPLORE THE EXTRAORDINARY sebagai jargon wisatanya di tahun 2013, tampak habis-habisan pula menampilkan image yang berkelas untuk menjual wisatanya. Bukan hanya Video Profile saja yang disajikan dengan image yang mahal dan berkelas serta konsep yang kuat dengan mengusung Nadine Candrawinata sebagai model Video Profile nya, namun mereka juga membuat Flores Guidebooks, Travel Map, Postcards, Kalender, hingga Music cd dengan tampilan yang juga tidak kalah berkelas dibanding dengan Video Profile nya. Mulai dari lay out, pemilihan letter, colloring, hingga photo-photo yang ditampilkan membuat saya terkagum-kagum dengan niatan Flores didalam menjual potensi wisatanya. Karena memiliki satu konsep yang sama antara satu dengan yang lainnya, yaitu satu konsep mulai dari video profile hingga postcard nya. Semuanya dikonsep dalam satu konsep dan kemasana yang sama dan kuat.


Sumatera Selatan pun sampai memboyong para penarinya untuk tampil berturut-turut 3 tarian daerah, lebih banyak dibanding dengan daerah-daerah yang lain guna mempromosikan wisata budayanya. Pun demikian dengan beberapa daerah tingkat 2, seperti Surabaya dan Jember yang mulai menampilkan image branding yang lebih menarik dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Tampaknya daerah-daerah sudah mulai sadar dan paham bagaimana menampilkan image yang baik dan menarik dengan kualitas yang baik pula untuk menjual potensi wisata daerahnya. Bukan image yang ala kadarnya saja yang digunakan untuk berjualan. Tampilan image yang menarik dan berkualitas memang sangat penting untuk mendukung suatu produk agar produk tersebut memiliki nilai tersendiri di mata konsumen yang akan membelinya, termasuk disini adalah didalam berjualan potensi wisata. Kemasan sarana promosi didalam berjualan harus benar-benar disiapkan dengan konsep yang kuat dan menarik, sehingga calon pembeli tergoda dan tertarik untuk membelinya. Apalagi jualan potensi wisata, image promosi yang ditampilkan harus benar-benar menarik, baik dari disain, konten yang ada didalamnya, serta kualitas photo, gambar, grafis, ataupun video betul-betul harus memiliki kualitas yang baik. Karena wisata merupakan salah satu industri yang menjadi andalan bagi suatu daerah atau negara didalam meningkatkan  pendapatannya. Banyak negara tetangga seperti Malaysia, Singapore, dan Thailand menjadikan wisatanya sebagai salah satu sumbe pendapatan terbesar, sehingga mereka juga menyiapkan sarana promosinya dengan konsep dan image yang baik. Mungkin kalau di Negara kita selama ini hanya Bali yang selalu menyiapkan sarana promosi mereka dengan sedemikian baiknya, sehingga layak apabila wisata merupakan sumber pendapatan terbesar bagi Bali. Dan saya sangat senang ketika daerah-daerah lain diluar Bali juga mulai berubah dengan habis-habisan membuat materi promosi wisata daerahnya dengan sedemikian seriusnya. Semoga hal itu semua semakin meningkatkan citra wisata Indonesia di kalangan wisatwan mancanegara maupun domestik. Bagi wisatawan mancanegara image promosi yang sedemikian baik itu mampu menggoda dan menarik mereka untuk berkunjung ke berbagai penjuru tanah air, sedangkan bagi para wisatawan domestik bukan hanya tertarik untuk mengunjungi lokasi wisata tersebut, namun juga membuat bangga seperti saya yang juga bangga bahwa Indonesia itu Surga.

No comments:

Post a Comment