Monday, January 23, 2012

PIMPINAN atau PEMIMPIN ? -Bagian I-


2 (dua) kata yang sangat bersinggungan berasal dari kata dasar PIMPIN, namun masih sering salah kita menafsirkannya antara makna Pimpinan dengan Pemimpin. Serta di manakah posisi kita didalam perusahaan, apakah sebagai Pimpinan ataukah sebagai Pemimpin ?

Di beberapa perusahaan yang pernah saya temui atau saya tangani banyak sekali mereka yang memiliki posisi atau jabatan di perusahaan tersebut yang tidak memahami keberadaan posisi mereka, apakah sebagai seorang pimpinan ataukah sebagai seorang pemimpin.

Hal tersebut terjadi karena mereka belum memahami makna dari masing-masing kata tersebut. Belum lagi apabila di perusahaan tersebut belum memiliki system pengembangan Sumber Daya Manusia yang baik, maka akan semakin banyak kita temui hal tersebut, karena untuk menduduki posisi atau jabatan tersebut mereka tidak disiapkan pemahaman dan kemampuan mereka berkaitan dengan fungsi, tugas, dan tangung jawab mereka berkaitan dengan posisi atau jabatan yang mereka emban.

Pimpinan adalah suatu jabatan formal yang diduduki atau diemban oleh seseorang. Presiden, Menteri, Direktur, Manajer, hingga Penyelia adalah pimpinan dari suatu Negara, institusi ataupun organisasi.

Itu semua adalah jabatan yang telah ditetapkan oleh Negara ataupun organisasi dengan fungsi, tugas, dan tanggung jawab yang telah ditetapkan pula.

Ciri-ciri Pimpinan adalah :
  1. Dia akan melakukan hal yang benar
  2. Kawatir akan risiko yang diambil
  3. Mengatur orang lain
  4. Prioritas pada efisiensi
  5. Berpikir secara jangka pendek
  6. Ada suatu organisasi secara formal (tertera di struktur organisasi)
  7. Diangkat secara formal


Sedangkan Pemimpin bukanlah suatu jabatan formal yang diduduki atau diemban oleh seseorang. Semua orang bisa menjadi pemimpin tanpa perlu label jabatan yang disahkan oleh suatu lembaga. Hal tersebut terlihat dari setiap pemikiran, cara berkomunikasi, serta tindakan yang dilakukan oleh orang tersebut.

Adapun ciri-ciri Pemimpin adalah :
  1. Dia melakukan hal secara tepat
  2. Berani mengambil suatu risiko
  3. Membimbing dan mengarahkan orang lain
  4. Prioritas pada efektivitas
  5. Berpikir secara jangka panjang
  6. Tidak perlu struktur organisasi formal
  7. Tidak pula diangkat secara formal


Dari ciri-ciri tersebut di atas, terlihat jelas perbedaan antara seorang Pimpinan dan Pemimpin. Banyak sekali kasus yang kita temui para Pimpinan yang tidak mampu melakukan perannya dengan baik. Seorang Manajer suatu perusahaan melakukan delegasi tugas atau pekerjaan kepada anak buahnya, akan tetapi tidak diarahkan dengan baik berkaitan dengan hal yang harus dilakukan beserta target atau hasil akhir yang diinginkan sehubungan dengan tugas tersebut. Lebih parah lagi, Manajer tersebut tidak melakukan pengawasan dan pemantauan selama anak buah melakukan pekerjaan tersebut dengan alasan berbagai kesibukan yang dilakukannya. Sehingga ketika hasil akhir pekerjaan yang didelegasikan tersebut tidak sesuai dengan perencanaan awal atau harapan yang diinginkan, anak buah yang disalahkan, belum lagi apabila tenggat waktu telah tiba namun pekerjaan tersebut belum terselesaikan dengan baik, maka semakin salah lagi anak buah tersebut.

No comments:

Post a Comment